Cara Cek Nomor IMEI Yang Terdaftar Di Kominfo

Cara Cek Nomor IMEI Yang Terdaftar Di Kominfo

Cara Cek IMEI Yang Terdaftar Di Kominfo – IMEI adalah Nomor Identitas Internasional yang terdiri dari 15 (lima belas) digit angka, terdiri dari 8 (delapan) digit Type Allocation Code yang dialokasikan oleh Global System for Mobile Association (GSMA), untuk mengidentifikasi secara unik Alat atau Perangkat Telekomunikasi yang tersambung ke jaringan bergerak seluler. Nomor IMEI bersifat unik dan berbeda-beda dan biasanya selalu menempel pada perangkat ponsel.

Nomor IMEI dapat ditemukan dalam perangkat HKT dengan cara menekan *#06# pada layar dial ponsel, kemudian nomor IMEI akan muncul di layar perangkat anda. Atau nomor IMEI ini juga bisa ditemukan di bawah baterai perangkat, kardus kemasan, dan juga kartu garansi pembelian. Nomor IMEI biasanya digunakan untuk mengidentifikasi setiap perangkat ponsel yang mengakses jaringan operator telekomunikasi.

Jika Nomor IMEI Ilegal, maka IMEI yang diterbitkan tidak akan sesuai dengan format yang telah diterbitkan oleh GSMA, contohnya yang digit angkanya sama semua, seperti halnya digit pertama sampai ke 15 (lima belas) angka 1 (satu) semua atau angka 2 (dua) semua.

Sejak adanya aturan pemerintah mengenai Kebijakan Pengendalian Internatonal Mobile Equipment Identity (IMEI) yang berlaku terhitung mulai tanggal 18 April 2020 lalu, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementrian Komunikasi dan Informatika yang bertujuan untuk memberantas ponsel illegal atau Black Market (BM) yang saat ini semakin marak beredar.

Sebagai pembuat kebijakan Kemenperin telah merilis situs resmi untuk mengecek Nomor IMEI apakah telah terdaftar atau belum, untuk mengeceknya anda bisa langsung membuka web khususnya  “ kemenperin.go.id “. Untuk mengetahui bagaimana cara mengecek Nomor IMEI ponsel anda sudah terdaftar atau belum anda bisa mengikuti langkah di bawah ini untuk bisa mengeceknya sendiri.

Cara Cek Nomor IMEI HP Yang Telah Terdaftar Atau Belum

Silahkan ikuti langkah di bawah ini untuk mengetahui Nomor IMEI telah terdaftar atau belum.

  1. Silahkan buka situs resmi Kemenperin “ kemenperin.go.id “
  2. Masukan 14 sampai 16 digit angka Nomor IMEI ponsel anda.
  3. Jika tidak tahu Nomor IMEI ponsel anda, silahkan tekan *#06# pada layar dial ponsel.
  4. Untuk tahu cara lain Nomor IMEI, anda bisa melihatnya pada baterai ponsel, kardus kemasan atau kartu garansi pembelian.
  5. Kemudian tekan tombol search pada laman kemenperin.
  6. Setelah itu pemberitahuan akan muncul, di sana akan di beritahukan bahwa ponsel anda telah terdaftar atau belum.

Jika Nomor IMEI pada ponsel anda telah terdaftar, maka akan muncul notifikasi atau pemberitahuan Nomor IMEI telah terdaftar di database Kemenperin. Namun, jika Nomor IMEI ponsel belum terdaftar maka notifikasi yang muncul adalah pemberitahuan bahwa Nomor IMEI belum terdaftar di database Kemenperin.

Silahkan cek Nomor IMEI ponsel kamu apakah sudah terdaftar atau belum. Sekian ulasan mengenai cara cek Nomor IMEI yang telah terdaftar atau belum di Kominfo. Semoga bermanfat dan membantu.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *